Hash File Organization


Sistem basis data adalah suatu sistem untuk mengorganisasi data berikut metode operasi-operasi terhadap basis data. Pada suatu sistem, seringkali manusia bekerja dengan data komputer yang banyak. Untuk mempermudah mengorganisasi data pada suatu sistem, diperlukan suatu sistem basis data untuk menyimpan dan membaca data secara cepat. Salah satu organisasi file dalam sistem basis data menggunakan metode hash yang mempunyai kelebihan dan kekurangan dibanding metode lainnya.

 

Hashing adalah sebuah metode untuk memetakan data ataupun mengambil data dengan cara yang efisien berdasarkan kunci yang didapat dari fungsi hash. Pada metode hashing kita menempatkan data pada suatu tempat tertentu, dimana tempat untuk setiap data unik satu sama lainnya untuk memudahkan penyimpanan maupun pencarian data. Fungsi hash adalah fungsi yang memetakan data berdasarkan suatu kunci tertentu dimulai dari range terkecil sampai range maksimal.

Pada sistem basis data, kita definisikan terlebih dahulu besar blok memory (statis) yang akan digunakan untuk menyimpan data. Bila tidak diketahui berapa banyak data yang akan ditampung, kita dapat menggunakan sistem dynamic hashing dimana blok memory berkembang seiring kebutuhan. Kunci keberhasilan organisasi dengan hash adalah membuat suatu fungsi hash yang baik, karena performansi sistem dengan penggunaan metode hashing bergantung pada fungsi hash. Berikut ini adalah contoh penyimpanan sebuah record mahasiswa pada sistem basis data mahasiswa dengan huruf pertama dan huruf terakhir nama panggilan mahasiswa sebagai kunci fungsi hash. …

 

File_Organization_Hash

Gallery

Leave a comment